Rabu, 30 Agustus 2017

Pendakian Gunung Sumbing Via Banaran



Pendakian Gunung Sumbing Via Banaran 2017

Gunung Sumbing merupakan gunung aktif tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet dan menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah Setelah Gunung Slamet. Gunung yang memiliki ketinggian 3.371 mdpl ini berada di wilayah administratif antara Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Kabupaten Magelang. Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur pendakian. Diantaranya, melalui jalur Garung, Bowongso, Sipetung, Kaliangkrik dan Banaran. Gunung Sumbing berhadapan langsung dengan Gunung Sindoro, sama seperti Gunung Merbabu dengan Gunung Merapi.




Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya dalam mendaki Gunung Sumbing via Banaran, Temanggung, Jawa Tengah. Jalur Banaran merupakan jalur terbaru di Gunung Sumbing yang baru dibuka resmi pada tahun 2016. Bagi  kalian yang berasal dari luar wilayah Jawa Tengah, untuk bisa mencapai basecamp Sumbing East Route, Banaran bisa melalui Wonosobo, Semarang, ataupun Magelang
.
Perjalanan dilanjutkan menuju Temanggung. Setibanya di Terminal Temanggung bisa menggunakan jasa ojeg basecamp Sumbing East Route untuk bisa sampai ke basecamp. Bisa menghubungi langsung pihak basecamp ke no 081226469505 atau bisa ikuti akun Instagram @sumbingeastroute . Biaya simaksi hanya 10rb rupiah, itupun kalian sudah disuguhkan dengan minuman  teh hangat. Cukup berbeda dengan basecamp-basecamp lain dalam hal menjamu atau melayani pendaki yang datang. Lumayan untuk menghangatkan perut sebelum memulai pendakian hhee.


Basecamp Sumbing East Route


Lama Pendakian/Perjalanan :

  •   Basecamp – Pos 0 (Jarak tempuh 2 km)


1,5 jam jalan kaki/15 menit menggunakan ojeg. Melewati desa Banaran dengan jalan full menanjak.
  • Pos 0 – Pos 1 (Jarak tempuh 1.5 km)


1-1,5 jam perjalanan, melewati ladang perkebunan warga setempat dan mulai masuk ke kawasan dengan vegetasi hutan. Juga melewati eskalator Gunung Sumbing via Banaran yang aduhai hhee.

  • Pos 1 – Pos 2 (Jarak tempuh 687 m)


1 jam perjalanan, masih didominasi dengan trek eskalator menanjak menyusuri rerimbunan hutan Gunung Sumbing.

  • Pos 2 – Pos 3 (Jarak tempuh 592 m)


1 jam perjalanan, trek semakin menanjak.

  •  Pos 3 – Pos 4 Watu Ondho (Jarak tempuh 627 m)


1 jam perjalanan, trek mulai sedikit terbuka dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi di kejauhan. Di pos 3 bisa memuat 3-4 tenda untuk camp sedangkan pos 4 lebih luas lagi. Bisa menampung 10-15 tenda. Area camp paling aman adalah di pos 3 atau pos 4, karena masih banyak pepohonan untuk melindungi tenda pendaki dari terjangan angin ataupun badai. Terdapat mata air di atas pos 4, namun perlu kehati-hatian ekstra untuk menuju kesana. Karena trek melipir dan curam.

  • Pos 4 – Segara Banjaran (Jarak tempuh 2,1 km)


1,5-2 jam perjalanan,  perjalanan menuju surga. Mengapa saya bilang begitu? Walau terdengar berlebihan, tapi itulah yang saya rasakan dalam perjalanan dari pos 4 menuju Segara Banjaran. Kalian harus coba sendiri, karena saya tak bisa mengungkapkan hhee.

  • Segara Banjaran – Puncak Rajawali


1 jam perjalanan, Segara Banjaran merupakan surga tersembunyinya Gunung Sumbing. Sabana hijau nan luas dikelilingi oleh ilalang, bunga Edelweis dan bebatuan-bebatuan besar Gunung Sumbing. Hal itu karena Segara Banjaran berada dekat dengan kawah Gunung Sumbing yang masih sibuk mengeluarkan aktivitas Vulkaniknya. Melewati persimpangan menuju Puncak Sejati dan Puncak Rajawali, juga terlihat Puncak Buntu-nya jalur Garung. Juga terdapat makam leluhur warga setempat, tepat di sebelah kawah Gunung Sumbing. Di ujung sabana bisa terlihat pula dataran luas yang apabila musim hujan terlihat seperti danau di atas kawah Gunung Sumbing, ya Segara/Segoro Wedi.
Untuk mencapai Puncak Rajawali kita ambil kearah kiri melewati tebing-tebing besar dan curam. Hati-hati dalam perjalanan menuju Puncak Rajawali.

  • Puncak Rajawali 3.371 mdpl


Info dari pihak basecamp bahwa Puncak Rajawali merupakan puncak tertinggi Gunung Sumbing, karena ada beberapa puncak lainnya seperti Puncak Sejati dan Puncak Buntu. Dari atas Puncak Rajawali kita bisa melihat panorama Gunung Sindoro, Merbabu, Merapi, dan Lawu. Kabupaten Temanggung dan Magelang juga sangat jelas terlihat dari atas puncak.

1.       Basecamp-Pos 0 (15 menit ojeg/1,5 jam jalan kaki)
2.       Pos 0 – Pos 1 (1-1,5 jam)
3.       Pos 1 – Pos 2 (1 jam)
4.       Pos 2 – Pos 3 (1 jam)
5.       Pos 3 – Pos 4 (1 jam)
6.       Pos 4- Segara Banjaran (1,5-2 jam)
7.       Segara Banjaran – Puncak Rajawali  (1 jam)

Picture :
Gerbang menuju pos 1
View Merbabu, Merapi, Andong, Telemoyo dan lautan awan dari pos 4

Pos 4 Watu Ondho

Menuju Segara Banjaran

Segara Banjaran

Makam leluhur di sebelah kawah G.Sumbing

Puncak Rajawali




Stop vandalisme dan memetik bunga Edelweis, hati-hati dengan api dan bawa turun sampahmu!!

2 komentar:

  1. Mas, kalo dari terminal temanggung ke BC transportasi cuma ada ojek saja kah? Biaya ojeknya berapa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru kembali buka blog, dari terminal Temanggung bisa langsung kontak bc sumbing east route untuk penjemputan. Cp nya ada akun instagram sumbingeastroute

      Hapus