Minggu, 10 Februari 2019

Gunung Luhur Citorek Lebak Banten

Belakangan ini, pariwisata di Kabupaten Lebak, Banten, sedang ramai-ramainya. Kondisi geografis Lebak yang mayoritas terdiri dari dataran tinggi khas pegunungan, memberikan panorama keindahan tersendiri yang mungkin jarang dimiliki oleh tempat-tempat lainnya di Indonesia, khususnya Provinsi Banten. Ada banyak bukit-bukit khas pegunungan dan juga air terjun yang membentang di Kabupaten Lebak, namun masih tersembunyi. Hanya beberapa tempat yang sudah mulai ramai dari kunjungan wisatawan lokal bahkan mancanegara. Seperti salah satunya yang akan saya bahas kali ini ialah Wisata Gunung Luhur yang terletak di Kp. Ciusul, Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.


                            
             
Gunung Luhur juga masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), kurang lebih 9 km dari Wewengkon Adat Citorek. Untuk menuju Gunung Luhur dari arah Kota/Kabupaten Serang, Cilegon, Pandeglang, Tangerang dan DKI Jakarta, bisa diakses melalui Kota Rangkasbitung. Jika dari arah Bogor dan sekitarnya bisa melalui jalan Leuwiliang. Untuk memudahkan, tinggal ketik saja pada Gmaps dengan keyword Gunung Luhur.

Perjalanan saya kali ini, ditempuh dari Kota Serang, Banten. Rute pertama adalah Kota Rangkasbitung, yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 1 jam lebih perjalanan, bisa menggunakan motor atau mobil pribadi. Setelah sampai di Kota Rangkasbitung, kemudian kita menuju ke Jl. Raya Cipanas yang ada di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Dengan estimasi 1,5 jam perjalanan Kota Rangkasbitung-Cipanas. Rute kedua adalah Cipanas-Citorek dengan estimasi perjalanan 1,5 jam dengan medan jalan yang mulai menanjak dan lumayan ekstrim, namun dengan petunjuk jalan dan kondisi jalan yang cukup jelas dan baik.

Waktu terbaik untuk dapat mendaki ke Puncak Gunung Luhur adalah pukul 05.30-07.00 pagi. Pemandangan yang akan disuguhkan adalah proses matahari terbit (sunrise) dengan hamparan samudra awannya.


                            

Tiket masuk 30rb/per tenda sudah termasuk biaya parkir. Jika kita ingin menyewa tenda untuk camping, pihak Gunung Luhur juga telah menyiapkan tenda, dengan biaya 30rb/malam. Area camping groud berada persis di bawah Puncaknya, dengan fasilitas berupa homestay sederhana, warung, dan juga toilet. Untuk menuju ke Puncaknya dari area camping ground hanya memerlukan jarak tempuh 5 menit, dengan medan jalan yang tidak terlalu terjal.


                                 
  


      Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menuju ke Gunung Luhur ialah :


1.  Untuk menuju ke Gunung Luhur, Ds. Citorek, bisa menggunakan sepeda motor dan juga mobil pribadi sampai ke atas parkiran kendaraan. Pastikan kondisi kendaraan anda, benar-benar dalam keadaan baik dan siap untuk dipakai berkendara.
2.  Perlu driver (pengendara) yang berpengalaman untuk menuju ke kawasan Puncak Gunung Luhur, karena kondisi medan jalan yang menanjak dan masih berupa tanah berbatu (sampai terakhir saya ke sini, Februari 2019).
3. Hindari perjalanan malam hari dan ketika turun hujan dengan intensitas yang lebat.
4. Hormati kebudayaan masyarakat sekitar dan selalu taat akan peraturan yang telah ditetapkan.
5.    Selalu menjaga kelestarian dan kebersihan di sekitar Gunung Luhur.


  "Jika kakimu selalu bergerak maju menuju tempat baru, maka jangan   biarkan tanganmu berhenti untuk selalu menuliskan cerita baru." 
   -dentt

      Terima kasih, salam sayang untuk kita semua ^_^





19 komentar:

  1. Bang klo naik grab mobil dri rangks bsa gk aksesnya??🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, cuma sepertinya tidak ada driver online yg bersedia mengantar penumpang sampai ke sana. Karena dari pusat Kota Rangkasbitung, masih 3 jam lebih perjalanan lagi

      Hapus
  2. Mau tanya, jalanan menuju kesana pakai mobil aksesnya baik kah? Saya bawa balita kira2 rekomen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat memasuki kawasan Ds Citorek, kondisi medan jalan semakin menanjak dan tanah berbatu (terakhir saya ke sana Februari 2019), dibutuhkan driver yg berpengalaman di medan menanjak. Selebihnya kendaraan roda 4 memang bisa sampai ke atas parkiran Gunung Luhur

      Hapus
  3. Bamg kalo perjalanan malamm
    Bisa ngng ,
    Saya dr taTangerang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih aman jalan di siang hari bro, keterbatasan cahaya sangat menganggu kenyamanan perjalanan. Terlebih dengan trek menanjaknya di mana memerlukan pandangan yang jelas

      Hapus
  4. Minta info donk klo mau ksana bawa mobil dari kemang jaksel lewat mana yaa🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama ke arah Kota Rangkasbitung, setelah itu 3 jam menuju Ds Citorek bisa dengan kendaraan roda 2 dan roda 4

      Hapus
  5. daerahnya rawan begal gak ? aman gak kalo jalan malam bawa mobil dengan estimasi sampe sana sktr jam 5 pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan untuk perjalanan pagi/siang hari. Kondisi jalan yang naik turun khas perbukitan/pegunungan ditambah masih kurangnya penerangan, sehingga perjalanan akan lebih baik jika dilakukan di saat hari masih terang :)

      Hapus
  6. Kalau untuk penginapan tersedia disana bang?mohon infonya.thx

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Jika bawa tenda sendiri hanya dikenakan biaya 30rb rupiah per tenda untuk biaya sewa lahan. Jika menyewa juga ada dengan biaya 60rb per tenda. Penginapan juga ada, bisa langsung ditanyakan saat sudah di lokasi

      Hapus
  8. untuk MCK dan Homestay nya bagaimana disana? Toilet umum antri atau banyak Toilet?

    BalasHapus
  9. kalau pakai bus medium bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. BIsa kak, yang penting pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik

      Hapus
  10. Tempat wisata diatas awan Gunung Luhur Lebak lagi viral nhi sekarang

    BalasHapus