Senin, 23 September 2019

Keindahan Pantai Bugel Cemara Pandeglang Banten

Hallo sobat traveller, artikel saya kali ini akan mengulas tentang salah satu wisata pantai terbaik di Banten. Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, saya berani menyatakan, bahwa pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam yang ada di wilayah Pulau Jawa. Ya, pantai itu adalah Pantai Bugel Cemara. Pantai ini berlokasi di Desa Banyuasih, Kecamatan Cigeulis , Kabupaten Pandeglang, Banten.


Kondisi pantai yang masih sepi dan alami ini memang belum banyak  yang mengetahui. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat sembari menikmati prosesi matahari terbenam, bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih.

Dengan biaya tiket masuk sebesar 20rb rupiah per motor dan 50rb rupiah untuk mobil. Sungguh murah bukan? itu semua tidak sebanding dengan keindahan yang akan diberikan oleh pantai Bugel Cemara itu sendiri. Saya sendiri sudah tiga kali berkunjung ke pantai ini. Tidak pernah ada rasa bosan walau sudah berkali-kali datang ke sini, namun kesan yang didapat selalu berbeda setiap saya kembali datang berkunjung.





Pandeglang sendiri mendapatkan julukan sebagai "Sunset Van Java", sehingga tidak diragukan lagi jika memang pantai-pantai di Kabupaten Pandeglang, merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam.

Di pantai Bugel sendiri, sangatlah pas untuk wisata camping di pinggir pantai. Karena karakteristik pantai Bugel sendiri sangatlah unik dan berbeda dengan pantai-pantai di Indonesia pada umumnya, khususnya pantai-pantai di Provinsi Banten. Savana rerumputan yang terhampar luas, sangatlah memanjakkan para pengunjung yang datang berkunjung ke pantai Bugel.

Sisi Rerumputan Pantai Bugel Cemara
Foto fikriamri17

Akses jalan menuju pantai Bugel Cemara sangatlah baik. Karena sampai ke depan pintu masuk gerbang pantai, kondisi jalan sudah mulus, baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat sangatlah nyaman untuk menuju ke sini. Kendala yang dihadapi hanya kondisi jalanan berdebu apabila kita datang pada saat musim kemarau tiba.

Untuk sampai di lokasi pantai Bugel Cemara kurang lebih menempuh jarak 100km jika dari Kota Serang dan 185km dari Kota Jakarta. Bagi sobat traveller yang datang dari Wilayah Kota Serang, bisa melalui jalan Pantai Anyer dan jalan Pantai Carita. Rute jalannya sama dengan lokasi Wisata Pantai Tanjung Lesung. Dari pantai Carita lurus sampai masuk ke Labuan kemudian terus mengikuti jalan menuju Panimbang sampai akhirnya sampai di Kawasan Pantai Tanjung Lesung. Dari kawasan pantai Tanjung Lesung memerlukan jarak tempuh kurang lebih 15 km lagi sampai akhirnya kita tiba di lokasi pantai Bugel Cemara. Sedangkan, yang datang dari arah Kota Jakarta dan Kota Tangerang, terlebih dahulu menuju Kota Serang kemudian meneruskan perjalanan sampai ke pantai Bugel Cemara. Jika tidak ingin repot, tinggal ikuti rute di Gmaps saja dengan keyword Pantai Bugel Cemara Banten. Lokasi sudah 100 % akurat. 

Perlu diingat, karena kondisi pantai Bugel sendiri yang masih alami dan sepi dari pengunjung, sehingga spot yang diberikan oleh pantai ini hanyalah lautan murni dan savana rerumputan dipinggir pantainya. Kita tidak akan menjumpai spot-spot atau wahana wisata tambahan lainnya seperti di pantai-pantai lainnya, seperti banana boat dan lain sebagainya. Namun ada homestay yang bisa disewa bagi kalian yang ingin menginap dengan keluarga. Untuk tarif sewanya bisa langsung ditanyakan kepada petugas yang berjaga di tampat lokasi pantai Bugel Cemara.

Sekali lagi saya terangkan, jika pantai ini hanya untuk kalian-kalian yang menyukai kesunyian dengan sunset terbaiknya. Namun, tidak menutup kemungkinan, dengan semakin berkembangnya teknologi khususnya dalam dunia sosial media (sosmed), ke depannya pantai Bugel Cemara ini akan menjadi salah satu wisata pantai terbaik yang ada di Provinsi Banten, terutama dalam hal pengelolaannya.

Spot foto sebelum Pantai Bugel Cemara

Satu hal terpenting yang saya harapkan, jikalau memang nanti pantai ini sudah menjadi wisata pantai jempolan, saya berharap tidak akan merubah kealamian dan kelestarian Pantai Bugel Cemara itu sendiri. Perlu kesadaran bagi kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam-alam di Indonesia, kita datang bukan hanya sekadar untuk berkunjung, semoga ada kesadaran untuk selalu menjaganya. Karena menjaga kelestarian alam, merupakan tugas kita sebagai bentuk tanggung jawab agar ke depannya nanti wisata alam itu sendiri dapat kembali dikunjungi oleh anak cucu kita.

Sekian dari saya, salam sayang untuk kalian yang membaca, selamat berkunjung dan tetap jaga kelestarian alam yang kita kunjungi. Sampai bertemu di artikel perjalanan berikutnya.

"Jika kakimu selalu bergerak maju menuju tempat baru, maka jangan biarkan tanganmu berhenti untuk selalu menuliskan cerita baru." 
-dentt
Terima kasih, salam sayang untuk kita semua ^_^

7 komentar:

  1. Salam sayang juga untuk yg nulis

    BalasHapus
  2. Kalau camping bisa tdk ya kak?
    Sekiranya bisa, ada biaya tdk?
    Mohon dibantu share pengalamannya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup bayar 1 motor 25k. Ngga dipungut biaya tambahan lagi kak.

      Hapus
    2. Iya cukup bayar 20k untuk motor, tidak ada biaya tambahan lagi.
      #bantujawab

      Hapus
    3. Bisa, biasanya untuk camp di kenakan biaya sekitar 30-35k.

      Hapus
  3. Pakai transportasi umum ke pantai itu bisa gak ya dari jakarta?

    BalasHapus